Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis TGT untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.54371/ainj.v5i3.471Keywords:
Problem Based Learning, Team Games Tournament, Keaktifan, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilaksanakan setelah peneliti melaksanakan observasi di SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Dari hasil observasi, peneliti menemukan bahwa tingkat keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan Pancasila di kelas II tergolong rencah. Hal tersebut terbukti dari nilai hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas II SD Muhammadiyah 16 Surakarta melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbasis Team Games Tournament (TGT). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan evaluasi berupa tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model PBL berbasis TGT dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Keaktifan peserta didik dapat dibuktikan dengan data yang didapatkan pada siklus I terdapat 28,8% peserta didik yang aktif. Keaktifan peserta didik meningkat pada siklus II dengan hasil peserta didik yang keaktifannya sangat baik meningkat menjadi 88,4%. Peningkatan hasil belajar peserta didik dibuktikan dengan data pada hasil belajar peserta didik pada siklus I yakni terdapat 67,31% yang masuk kategori tuntas. Hasil belajar meningkat pada siklus II yakni peserta didik yang masuk kategori tuntas sebanyak 84,62%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Septi Nurhikmawati, Ratnasari Diah Utami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.