Peran Karang Taruna dalam Pengembangan Wisata Pantai Soromandi (Studi Pada Desa Punti Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima-NTB)

Authors

  • Djaya Achmad Program Studi Pariwisata, STIPAR Soromandi Bima
  • Anisa Program Studi Pariwisata, STIPAR Soromandi Bima
  • Elza Nova Rizaly Program Studi Pariwisata, STIPAR Soromandi Bima

Keywords:

Karang Taruna,, Wisata, Pantai, Soromandi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran Karang Taruna desa Punti dalam pengembangan wisata pantai Soromandi. Penelitian ini menggunaka metode kualitatif dengan analisis deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang diarahkan untuk memberikan gejala-gejala, atau kejadian secara sistematis dan akurat, metode ini dapat mengantarkan penulis untuk mengenal lebih mendalam para subjek (Pemerintah Desa, Karang Taruna, dan pemilik lahan) yang berkaitan dengan peran Karang Taruna Punti dalam kegiatan pengembangan desa wisata Pantai Soromandi. Desa Punti yang dipelopori oleh Pemerintah Desa, Karang Taruna dan masyarakatnya mengembangkan wasata pantai Soromandi dalam untuk menata dan memperbaiki serta menyempurnakan lokasi wisata yang kurang memadai Pemerintah Desa, Karang Taruna dan masyarakat mengambil langkah strategis, yaitu proses 3R yang disebut siklus R & D (Research and Development), yaitu: Revitalisasi, Rebranding, dan Re-Orientasi. Dengan maksimalnya peran pemuda dalam pengambilan keputusan dan pelaksanaan pengelolaan tempat wisata Pantai Soromandi, sarana dan prasarana wisata di desa Punti sudah semakin baik, Para pemuda bahu membahu membuat kebun bunga, tempat kreasi untuk berfoto, membuka lapak makanan tradisional, perahu dan tranportasi wasata dengan menunggani kuda. Pemerintah Desa Punti dan Karang Taruna melakukan rebranding dengan mengadakan sosialisasi pada masyarakat desa dan melakukan promosi melalui media sosial dan dibantu Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata (Stipar) Soromandi. Penerapan Reorientasi, masyarakat yang mendapatkan pembinaan mengembangkan beberapa produk lokal sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitarnya.

Downloads

Published

2021-06-01

How to Cite

Djaya Achmad, Anisa, & Elza Nova Rizaly. (2021). Peran Karang Taruna dalam Pengembangan Wisata Pantai Soromandi (Studi Pada Desa Punti Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima-NTB). Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pariwisata, 1(2), 65–74. Retrieved from https://journal.ainarapress.org/index.php/jppmp/article/view/64